Sistematika Lomba Catur SMA

BIAYA PENDAFTARAN

Rp 150.000 + Rp 50.000 (WO)

SISTEMATIKA LOMBA CATUR

    1. Waktu pertandingan berdurasi 10 menit + 3 detik increment per pertandingan (alat ukur waktu disediakan panitia).
    2. Pertandingan menggunakan Round Robin System atau setiap peserta melawan seluruh peserta lainnya
    3. Jika peserta tidak hadir, maka akan dinyatakan walkout
    4. Jika peserta melakukan kecurangan akan didiskualifikasi.
    5. Peserta yang menang mendapatkan 1 poin, remis mendapatkan ½ poin, dan kalah mendapatkan 0 poin.
    6. Peserta tidak dapat berlawanan dengan seorang peserta yang sama lebih dari satu kali.
    7. Peserta yang mendapatkan bye secara otomatis mendapatkan 1 poin.
    8. Peraturan Pertandingan mengikuti Peraturan Permainan Catur FIDE (FIDE Law of Chess) per 1 Januari 2024.

Detail Tanggal

  • Seluruh rangkaian lomba akan diadakan secara langsung di SMA Kolese Gonzaga pada hari Sabtu, 8 November 2025 hingga Jumat, 15 November 2025.
  • Peserta wajib mengikuti Technical Meeting yang akan diadakan pada hari 25 Oktober 2025 secara daring/online

SOP LOMBA CATUR GF’25

  • Untuk Pemain
  1. Pemain dengan bidak warna putih maju duluan 
  2. Gerakan yang sudah dilepaskan dari tangan tidak boleh dibatalkan (One Touch Move Rule). 
  • Jika pemain menyentuh bidak sendiri, maka harus dimainkan jika memungkinkan.
  • Jika pemain menyentuh bidak lawan, maka harus memakan bidak lawan jika memungkinkan. 
    1. Pemain harus menggerakan bidak menggunakan tangan yang sama selama pertandingan.
    2. Menggerakan yang sudah dilepaskan dari tangan tidak boleh dibatalkan (Touch Move Rule). Contoh : Jika pemain menyentuh bidak sendiri, maka harus dimainkan jika memungkinkan.
    3. Menekan timer setelah melangkahkan bidak.
    4. Membuat langkah secara tidak ambigu(letakan bidak di kotak dan warna yg tepat dan jelas).
    5. Pada awal permainan, pemain putih tidak boleh melangkahkan 2 bidak pion sekaligus.
    6. Bidak yang terdorong dua langkah dan sejajar dengan buah lawan, dapat dimakan dengan teknik en passant.
    7. Skak tidak wajib memberitahu. Apabila seorang pemain dalam keadaan Skak, pegang buah catur lain dan buah catur ini dapat menutup atau memakan buah catur lawan yang mengancam Skak, maka wajib dilaksanakan. Akan tetapi apabila tidak bisa dilaksanakan, maka pemain tersebut boleh menjalankan buah catur lain, asalkan belum menekan jam.
    8. Jika pemain melakukan langkah tidak sah, akan tetapi belum menekan jam catur, maka pemain dapat melakukan koreksi terhadap langkah tidak sah tersebut dan membuat langkah yang sah.
    9. Bila pemain menjatuhkan bidak catur, maka pemain harus membetulkan posisi bidak catur dengan waktu pikirnya. Dalam hal ini pemain tidak diberikan sanksi.
    10. Jika seorang pemain menggunakan dua tangan untuk membuat dalam hal rokade, memakan atau promosi, maka dianggap sebagai pelanggaran.
    11. Setelah 10 langkah sudah diselesaikan oleh masing-masing pemain tidak boleh lagi untuk mengubah susunan letak buah catur atau letak papan catur dan setelan jam catur.
  • Peraturan Rokade
  1. Rokade harus pegang Raja terlebih dahulu, apabila Benteng yang dipegang terlebih dahulu, maka Benteng harus jalan.
  2. Rokade tidak diperbolehkan apabila dalam keadaan skak atau jalan Raja dalam ancaman buah lawan.
  • Peraturan promosi bidak
  1. Bidak yang mencapai petak akhir harus diganti dengan Menteri, Benteng, Gajah atau Kuda yang sewarna dengan bidak itu.
  2. Apabila buah promosi itu tidak diganti dan sudah tekan jam, maka pion wajib diganti menjadi Menteri.
  • Pemain dinyatakan kalah jika:
  1. Lawan menyerah
  2. Raja lawan mati/terkena Skak Mat (tidak bisa bergerak)
  3. Waktu pikir pada jam catur habis (dengan ketentuan tertentu)
  • Suatu pertandingan dinyatakan remis/seri jika:
  1. Persetujuan kedua belah pihak
  2. Skak abadi 3 kali berturut — turut
  3. Tidak saling memakan/menangkap selama 40 langkah.
  4. Kedua pemain tidak memiliki material kurang untuk mendapatkan Skak Mat
  5. Jika salah satu pemain sisa waktu pikirnya habis (jam jatuh), tidak otomatis dinyatakan kalah, wasit akan memeriksa posisi akhir, kalau posisi yang terjadi menyebabkan lawannya tidak mungkin me-mat-kan Raja pemain itu dengan serangkaian langkah yang sah, maka pertandingan dinyatakan Remis.
  6. Seorang pemain yang ingin menawarkan Remis kepada lawannya dapat dilakukan setelah membuat langkah dan sebelum pemain tersebut menekan jam catur.
    1. Pada setiap babak, batas WO (walk out) 10 menit. Apabila peserta terlambat datang, maka langsung dinyatakan KALAH.
  • Peraturan Tingkah Laku Peserta
  1. Pemain tidak diperbolehkan meninggalkan tempat bermain dan tempat duduk tanpa izin dari wasit.
  2. Dilarang mengalihkan perhatian atau mengganggu lawan dengan cara apapun. Hal ini termasuk klaim yang tidak masuk akal, tawaran hasil seri yang tidak masuk akal, atau masuknya sumber kebisingan ke dalam area permainan.
  3. Anti Kecurangan (Anti Cheating) diberlakukan dengan ketat untuk seluruh kategori pertandingan. Peserta dilarang membawa Ponsel atau HP, peralatan komunikasi elektronik lain termasuk jam tangan digital ke dalam ruang pertandingan. Apabila peserta kedapatan memiliki Ponsel dan peralatan komunikasi elektronik, maka peserta yang bersangkutan akan dinyatakan kalah.
  • Untuk Panitia
  1. Menyediakan papan catur dan timer untuk pemain.
  2. Panitia memastikan lawan setiap kelas sesuai.
  3. Memperhatikan gerak tiap pemain dan memastikan menekan timer
  4. Menegur pemain jika melanggar peraturan
  5. Tidak terlibat dalam kecurangan.
  6. Panitia diperbolehkan memasuki ruangan, namun dilarang untuk mengganggu pemain
  • Untuk Wasit
  1. Apabila ada pelanggaran atau klaim, peserta lomba diwajibkan untuk memanggil wasit.
  2. Wasit bersifat aktif.
  3. Keputusan wasit tidak dapat diganggu gugat.
  4. Jika Wasit melihat seorang peserta melakukan langkah tidak sah, maka Wasit dapat melakukan intervensi, asalkan lawannya belum menjawab langkah tersebut.
  5. Setiap pelanggaran akan diberikan sanksi pengurangan waktu 1 menit dan peringatan/strike. Apabila mendapatkan 3 peringatan dalam 1 pertandingan, maka dinyatakan KALAH.

PENENTUAN JUARA

  1. Penentuan peringkat dihitung berdasarkan akumulasi jumlah poin yang diperoleh oleh setiap peserta.
  2. Apabila pada hasil peringkat akhir terdapat peserta yang memperoleh jumlah poin yang sama, maka 
  3. Apabila penentuan juara akan ditentukan melalui Tie-Break Sonneborn-Berger (SB).

HADIAH LOMBA

  • Juara 1 : Plakat + Sertifikat + Rp 1.000.000,00
  • Juara 2 : Plakat + Sertifikat + Rp 800.000,00
  • Juara 3 : Plakat + Sertifikat + Rp 500.000,00

NARAHUBUNG

Rubina Gabriella (Rubina) | ID Line: rubinagabriella | WA: 087895096316

Pendaftaran berhasil, Anda akan segera dihubungi melalui email registrasi gonzaga festival untuk pemberitahuan selanjutnya. Terimakasih!!

0%