Filosofi Logo

Burung Elang

Burung Elang menjadi simbol semangat SMA Kolese Gonzaga. Elang mampu terbang tinggi, cepat tanggap, serta mampu melihat segala hal dari berbagai aspek kehidupan (The Big Picture).

Kepala dengan 4 bulu

Empat bulu di kepala melambangkan empat core values utama (Competence, Conscience, Compassion, and Commitment).

Tangan dengan kain yang digenggam

Kain di masing-masing tangan burung melambangkan core values H dan I (Humility and Integrity), menjadi pedoman yang “digenggam”.

Sayap dengan bulu yang berbeda warna

Jumlah helaian bulu pada sayap burung melambangkan tahun berdirinya SMA Kolese Gonzaga, yaitu 1987. Bulu berwarna merah + oranye berjumlah 19 helai. Bulu berwarna kuning berjumlah 8 helai. Bulu berwarna putih berjumlah 7 helai.

Ekor

Jumlah helaian bulu di ekor burung melambangkan tanggal dan bulan berdirinya SMA Kolese Gonzaga, yaitu 3 November. Bulu berbentuk persegi berwarna kuning + putih berjumlah 3 helai. Bulu berwarna merah + oranye berjumlah 11 helai.

Perisai di Dada

Perisai menjadi simbol perseverance. Perseverance berasal dari bahasa Inggris yang berarti kegigihan. Perseverance datang ketika seorang dituntut untuk selalu berani mencoba dan untuk berusaha sampai akhir, menunjukan semangat daya juang untuk menghadapi berbagai rintangan dan tantangan. Tidak ada kata menyerah sampai orang tersebut mencapai tujuan mereka.

Tiga Kepala Singa

Singa menjadi simbol semangat SMA Kolese Gonzaga. Singa adalah hewan yang mampu memimpin diri sendiri dan hewan lain dengan berani. Terdapat tiga kepala singa yang menghadap ke depan, kanan, dan kiri melambangkan kepribadian yang selalu siaga dan siap untuk menerima tantangan dari segala arah. Jumlahnya juga melambangkan nilai Head, Heart, and Hand.

Kalung Salib

Salib menjadi simbol keimanan Katolik dan kemuliaan kepada Bapa Yang Kekal, Yesus Kristus, dan Roh Kudus.

Jubah

Jubah atau cape menjadi lambang kepahlawanan yang kuat dan mempunyai martabat. Hal ini juga membawa sifat agent of change, yaitu orang yang berani dan mampu memulai perubahan ke arah yang lebih baik.